CeramahAgama.tv

Video Ceramah Agama Islam Terbaru | Video Ustad Yusuf Mansur | Ust. Felix Siauw | Ust. Salim A Fillah | Ust. Syafii Antonio | Teh Ninih, Mario Teguh | Ust. Yunahar Ilyas | Ust. Arifin Ilham | UJE | dan lain-lain


Selasa, 31 Maret 2015

Ayo Naik Derajat dengan Menghafal Al-Qur'an

Oleh: Ust. Yusuf Mansur



Sebagian kaum Muslimin ternyata masih banyak yang belum memahami mengapa mereka perlu untuk menghafal Al Qur’an. Bahkan ada yang mengatakan, “mengapa kita bangga dengan anak-anak yang hafal Qur’an yang notabene bukan bahasa kita? bukankah lebih baik mengajarkan mereka membaca terjemahannya agar bisa menerapkan nilai luhur di dalamnya?” Perkataan ini keluar tentu karena ketidak-pahaman mengenai keutamaan dan urgensi menghafal Al Qur’an.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلَّمه

“sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Al Bukhari 4639).

1. Allah mengangkat derajat shahibul Qur’an di dunia
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إن الله يرفع بهذا الكتاب أقواماً ويضع به آخرين

“sesungguhnya Allah mengangkat beberapa kaum dengan Al Qur’an ini dan menghinakan yang lain dengannya” (HR. Muslim 817)

Semakin banyak hafalannya, akan semakin tinggi kedudukan yang didapatkan di surga kelak.
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارتقِ، ورتل كما كنت ترتل في الدنيا، فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها


“Akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, Shahih Abi Daud).

2. Penghafal Al Qur’an lebih diutamakan untuk menjadi imam
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يؤم القوم أقرؤهم لكتاب الله

“hendaknya yang mengimami sebuah kaum adalah yang paling aqra’ terhadap kitabullah” (HR. Abu Daud 582, Shahih Abi Daud)

3. Banyak Keuntungan

Keuntungan lainnya mendapat pahala yang sangat banyak, menambah keberkahan dalam kehidupan kita.
Kenapa ? Karena membaca Al Qur’an setiap satu huruf diganjar satu pahala hingga kelipatan sepuluh.

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“barangsiapa yang membaca 1 huruf dari Al Qur’an, maka baginya 1 kebaikan. dan 1 kebaikan dilipat-gandakan 10x lipat. aku tidak mengatakan alif lam miim itu satu huruf, tapi alim satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf” (HR. At Tirmidzi 2910, ia berkata: “hasan shahih gharib dari jalan ini”)

Keuntungan yang lain seorang Muslim yang hafal Al Qur’an dapat dengan mudahnya membaca kapan saja dimana saja, langsung dari hafalannya tanpa harus membacanya dari mushaf. Dan ini merupakan ibadah yang agung.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يَعْلَمَ أَنَّهُ يُحِبُّ اللهَ وَرَسُولَهُ فَلْيَنْظُرْ، فَإِنْ كَانَ يُحِبُّ الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يُحِبُّ اللهَ وَرَسُولَهُ

“Barangsiapa yang ingin mengetahui bahwa dia mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah, jika ia mencintai Al Quran maka ia mencintai Allah dan Rasul-Nya” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid berkata: “semua rijalnya shahih”).

Al Qur’an adalah sumber hukum dalam Islam. Dengan menghafalkan Al Qur’an, seseorang lebih mudah dalam mempelajari ilmu agama. Ia mempelajari suatu permasalahan ia dapat mengeluarkan ayat-ayat yang menjadi dalil terhadap masalah tersebut langsung dari hafalannya.

Yang kemudian ia perjelas lagi dengan penjelasan para ulama mengenai ayat tersebut. Syaikh Ibnu ‘Abdl Barr mengatakan:


طلب العلم درجات ورتب لا ينبغي تعديها، ومن تعداها جملة فقد تعدى سبيل السلف رحمهم الله، فأول العلم حفظ كتاب الله عز وجل وتفهمه

“Menuntut ilmu itu ada tahapan dan tingkatan yang harus dilalui, barangsiapa yang melaluinya maka ia telah menempuh jalan salaf rahimahumullah. Dan ilmu yang paling pertama adalah menghafal kitabullah ‘azza wa jalla dan memahaminya” (dinukil dari Limaadza Nahfadzul Qur’an, Syaikh Shalih Al Munajjid).

4. Tadabbur dan Tafakkur

Dengan menghafal Al Qur’an, seseorang bisa lebih mudah dan lebih sering ber-tadabbur dan ber-tafakkur. Yaitu merenungkan isi Al Qur’an untuk mengoreksi keadaan dirinya apakah sudah sesuai dengannya ataukan belum dan juga memikirkan tanda-tanda kebesaran Allah. Allah Ta’ala berfirman

(أَفَلا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا)

“Maka apakah mereka tidak men-tadabburi Al Quran ataukah hati mereka terkunci?”
(QS. Muhammad: 24).

5. Obat penyakit lahir dan batin

Al Qur’an adalah obat bagi penyakit hati dan penyakit jasmani. Banyak penelitian ilmiah bahwa Al-Qur'an terbukti mengobati penyakit fisik dan jiwa, hati merasa tenteram, dan immunitas menjadi naik belum lagi pahala yang melimpah, ini adalah Rahmat dari Allah, Rabb seluruh Alam.

Allah Ta’ala berfirman

(وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ)

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar” (QS. Al Isra: 82).

Nah, jadi tunggu apalagi ?

Mari menghafal Al-Qur'an sempatkanlah disetiap waktu kita bersama keluarga, sahabat dan lainnya, tanamkan kedisiplinan atau mengikuti program-program yang tersedia, berkorbanlah demi meraih redho Allah, semoga Allah memberkahi kehidupan kita, yang mana hidup kita ini merupakan amanah yang sangat besar dari-Nya, jangan sampai kita melalaikannya. Insya Allah bertambah berkah dengan mencari keredhoan-Nya untuk menjadi hafidz Qur'an, aamiin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ayo Naik Derajat dengan Menghafal Al-Qur'an

0 comments:

Posting Komentar